Sabtu, 20 September 2014

Cara Seo: Website Audit Gratis

cara audit website
SEO Website audit akhir2 ini menjadi tema yang penting untuk dibahas. Semenjak google menerapkan algoritma baru seperti panda, penguin, hummingbird, dan pigeon. Banyak website bertumbangan dalam peringkat search enginenya. Jika sudah demikian sudah agak terlambat bagi para webmaster untuk memulihkannya. Untuk mencegah atau bahkan mengobati penalty, deindex, sandbox, drop rank, para webmaster saat ini rajin menrerapkan SEO Site Audit. 



Bagaimana Cara Melakukan Audit SEO Website

Seperti dapat dilihat pada gambar diatas lingkaran SEO audit dapat dibilang suatu proses yang kontinue. Terus menerus dilakukan untuk tetap menjaga performa website kita. Lalu apakah yang harus kita lakukan secara spesifik untuk perform SEO Audit. Step ini dimulai dari Identify Benchmark atau scan potensial masalah atau poin poin penting dalam SEO. Lalu setelah itu kumpulkan data dan bandingkan dengan standard SEO yang berlaku, Rencanakan perubahan. Terakhir jalankan perubahan, dan kembali lagi pada Identify Benchmar, demikian dan seterusnya. Secara Detail proses itu dijelaskan pada langkah berikut ini.

1. Identify Benchmark, scan website audit

Untuk perform scan kita harus menggunakan site audit tools. Tool ini bisa didapatkan secara online di website website SEO. Kebanyakan berbayar, dan tidak murah. Ini memang topik yang masih hangat. Sehingga pakar SEO yang menciptakan tools ini menerapkan harga yang tinggi, seperti misal SEMrush mematok $69.95 perbulan. Namun jangan kuatir saya akan menyediakan caranya gratis dan legal. 

Cara Free Site Audit Gratis  

Di dalam berinternet masa kini kita selain dituntut berpengetahuan luas, juga harus kreatif, Seperti pada posting saya mengenai cara mendapatkan link .Edu sebelumnya. Kreatifitas itu penting. Ok langsung saja, Masuk ke website www.semrush.com klik registre free, create my account. Masukan Email dan password. Setelah di verifikasi, anda akan mendapat 1 kali kesempatan untuk audit website anda  gratis. Secara default akan masuk ke halaman dasboard seperti dibawah ini.


Arahkan kursor ke bagian menu sidebar sebelah kiri. Pilih Site Audit. Kemudian isilah kolom kolom disana: 
Project Name: diisi dengan Nama Projeck
Domain: Nama domain URL yang akan di audit. 
Max Page Limit: diisi 2000
Schedule: Once
Email me: uncheck

Kemudian klik Create Project and Start Audit.

Untuk website besar akan makan waktu lama, tergantung koneksi juga. Bagi saya sekitar 1/2 hari. Jadi dapat ditinggal saja.

2. Collect Data, Kumpulkan data SEO website audit

 Proses akan memakan waktu lama, setelah selesai site sudit hasilnya akan seperti di bawah ini. Total score menunjukan nilai aidit kita. semakin tinggi semakin baik. Total issue adalah hal yang diuji. Error ini harus segera di rencanakan untuk di perbaiki. Warning, harus dikerjakan juga setelah error. Demikian juga dengan jumlah notice. Untuk Lihat laporan lengkap audit ini masuk pada link View All Issue.


Pada halaman view all issue ditampilan semua informasi hal hal yang diuji dalam audit. Seperti Broken Internal Link, External Link, wrong page, image not found, dll. Lihat gambar di bawah untuk contoh issue dalam site audit.

lihat laporan site audit  

Klik pada salah satu permasalahan untuk melihat detailnya. Misal pada masalah Internal Broken Link. Disini akan ditampilkan semua link link yang sudah tidak nyambung lagi yang berada dalam website ke dalam website sendiri..Contoh:
detail laporan site audit
Pada semua halaman laporan diatas, semuanya bisa di simpan dalam file Excel dan dibagikan kepada team untuk pengerjaannya. Enak kan.

3. Compare Standards, Analisa masalah.

Baca laporan laporan audit tadi, dan periksa yang dirokemendasikan. Jika perlu dibandingkan dengan website website lain. Bagian mana yang crusial dan harus segera diperbaiki. 

4. Rencanakan  dan Execute Perbaikan

Perbaikan langsung saja di rencanakan, dibagi dengan team anda jika terlalu banyak errornya. Perencanaan yang baik untuk perbaikan hasil audit, akan meningkatkan hasil secara optimal. Pekerjaan membersihkan 18rb backlink mati bukan urusan mudah. Banyak email dan proses disavow yang harus diajukan. Mungkin bahkan sumur hidup anda tidak akan selesai proses ini. Tetapi jika kita terus menerus melakukannya setidaknya kesalahan2 baru akan lebih termaintain dan tidak terlalu banyak. 

Demikian sedikit tips seo mengenai Site Audit. dari kami. Mudah2an dapat bermanfaat. Salam.

 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar